Program dan Kegiatan TA 2009

Program Keserasian Kebijakan Peningkatan Kualitas Anak dan Perempuan. Program ini diarahkan untuk meningkatkan keserasian kebijakan peningkatan kualitas anak dan perempuan, yang ditempuh melalui 3 ( tiga ) kegiatan, yaitu :

  • Kegiatan Sosialisasi UU No. 23 Tahun 2002, UU No. 23 Tahun 2004, UU No. 13 Tahun 2006 dan UU No. 21 Tahun 2007, dengan sasaran kegiatan terlaksananya sosialisasi UU No. 23 Tahun 2002, UU No. 23 Tahun 2004, UU No. 13 Tahun 2006 dan UU No. 21 Tahun 2007 bagi 280 orang Kepala Desa / Kelurahan se-Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan meningkatnya pemahaman Kades/Kelurahan tentang perlindungan anak, bentuk kekerasan dalam rumah tangga, perlindungan saksi dan perdagangan orang (trafficking).

  • Kegiatan Sistem Pengolahan dan Penyajian Data Pilah Gender Lintas Sektor Terpilah Kabupaten Grobogan, dengan sasaran kegiatan terlaksananya pelatihan pada petugas pendata dan penyaji data pilah gender di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten sebanyak 67 petugas, dan target kegiatan terwujudnya persamaan persepsi terhadap sistem, mekanisme pendataan dan penyediaan data yang terpilah, penyediaan informasi yang akurat, cepat dan teratur di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

  • Kegiatan Program P2MBG Kabupaten Grobogan, dengan sasaran kegiatan terlaksananya sosialisasi gender dan perlindungan anak bagi 400 warga binaan P2MBG di 2 desa lokasi P2MBG serta tersusunnya buku data pilah gender di 2 desa lokasi P2MBG, dan target kegiatan meningkatnya pemahaman warga binaan P2MBG terhadap peran gender, kodrat dan pentingnya perlindungan terhadap anak.

    Program Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Anak. Program ini diarahkan untuk meningkatkan potensi berbasis gender dan anak di segala bidang pembangunan, yang ditempuh melalui 5 ( lima ) kegiatan, yaitu :

    • Kegiatan Fasilitasi Focal Point PUG dan Pokja PUG Kabupaten Grobogan, dengan sasaran kegiatan terlaksananya fasilitasi bagi tim focal point kabupaten dan pokja PUG kecamatan, dan target kegiatan meningkatnya motivasi tim focal point kabupaten dan pokja PUG kecamatan dalam menyusun program berprespektif gender.

    • Kegiatan Bantuan Penunjang Lembaga Pelayanan Swatantra, dengan sasaran kegiatan terlaksananya penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) bagi 20 orang korban kekerasan dalam rumah tangga, dan target kegiatan meningkatnya kelancaran penanganan kasus KDRT.

    • Kegiatan Peningkatan Keterampilan Anak dan Remaja, dengan sasaran kegiatan terlaksananya pembentukan sanggara anak dan remaja serta terlaksananya pembekalan ketrampilan pengolahan minuman/makanan dari bahan lokal  bagi 140 orang anak dan remaja putus sekolah (7 kelompok di 7 kecamatan), dan target kegiatan meningkatnya fungsi sanggar anak dan remaja putus sekolah sebagai ajang kegiatan ketrampilan.

    • Kegiatan Pelatihan Penanganan Kasus Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga dan Kekerasan Terhadap Anak, dengan sasaran kegiatan terlaksananya pembekalan Tim Pelayanan Terpadu KDRT bagi 150 orang tim penanganan kasus KDRT di 19 Kecamatan se-Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan meningkatnya koordinasi dan pemahaman Tim Penanganan kasus KDRT dalam pendampingan maupun pemulihan korban.

    • Kegiatan Pembentukan Forum Anak di Kabupaten Grobogan, dengan sasaran kegiatan terlaksananya pembentukan wadah untuk forum anak tingkat kabupaten sebanyak 76 orang dalam 1 wadah forum anak, dan target kegiatan meningkatnya koordinasi dan penyerapan aspirasi anak di segala lapisan dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Grobogan.

      Program Peningkatan Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan. Program ini diarahkan untuk meningkatkan kepedulian pelayanan kualitas kehidupan berbasis gender dan anak, yang ditempuh melalui 4 ( empat ) kegiatan, yaitu :

      • Kegiatan Operasional Penyaluran Santunan Kepada Orang Tua Jompo/Lanjut Usia, dengan sasaran kegiatan terlaksananya operasional penyaluran santunan bagi 950 orang tua jompo/lanjut usia yang tidak produktif di 38 desa/kelurahan yang tersebar di 19 Kecamatan se-Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan terlaksananya santunan tali asih kepada orang tua jompo/lanjut usia yang tidak produktif.

      • Kegiatan Pemberdayaan Perempuan Melalui Peningkatan Keterampilan, dengan sasaran kegiatan terlaksananya kegiatan pemberdayaan perempuan melalui peningkatan ketrampilan bagi 2 kelompok di 2 kecamatan, dan target kegiatan meningkatnya ketrampilan dan kemampuan ekonomi perempuan dalam keluarga.

      • Kegiatan Gerakan Peningkatan Derajat Ibu dan Anak, dengan sasaran kegiatan terlaksananya evaluasi pelaksanaan GSI di 19 Kecamatan se-Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan meningkatnya pemahaman dan pengelolaan GSI di 19 kecamatan se-Kabupaten Grobogan.

      • Kegiatan Penyaluran Bantuan Kesejahteraan Guru Pra-Diknas Non PNS, dengan sasaran kegiatan terlaksananya operasional penyaluran bantuan kesejahteraan bagi 1.355 guru Pra Dikdas Non PNS se Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan tersalurnya bantuan kesejahteraan bagi guru Pra Dikdas Non PNS se Kabupaten Grobogan.

        Program Peningkatan Peran Serta dan Kesetaraan Gender Dalam Pembangunan. Program ini diarahkan untuk meningkatkan penyusunan program pembangunan responsif gender dan anak, yang ditempuh melalui 4 ( empat ) kegiatan, yaitu :

        • Kegiatan Pelatihan Teknis Analisis Gender Bagi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan ( PPTK ), dengan sasaran kegiatan terlaksananya pelatihan teknis analisis gender bagi 210 orang Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), dan target kegiatan meningkatnya pengetahuan PPTK tentang teknik menyusun program responsif gender.

        • Penyaluran Bantuan Biaya Penunjang Kegiatan Kepada Organisasi Perempuan, dengan sasaran kegiatan terlaksananya penyaluran bantuan biaya penunjang kegiatan bagi 111 organisasi perempuan se-Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan tersalurnya bantuan biaya penunjang kegiatan bagi organisasi perempuan.

        • Kegiatan Penyaluran Dana Penunjang Kegiatan TP-PKK Kecamatan, dengan sasaran kegiatan terlaksananya penyaluran bantuan penunjang kegiatan bagi TP-PKK di 19 Kecamatan se-Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan meningkatnya kelancaran kegiatan TP-PKK di 19 kecamatan.

        • Kegiatan Evaluasi Sistem Pengolahan dan Penyajian Data Pilah Gender, Evaluasi Realisasi PUG dan Evaluasi Kasus -Kasus KDRT, denga sasaran kegiatan terlaksananya evaluasi sistem pengolahan dan penyajian data pilah gender, evaluasi realisasi kegiatan PUG serta monitoring, evaluasi dan pelaporan kasus-kasus KDRT di 280 desa / kelurahan, 19 Kecamatan se-Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan terwujudnya pendataan, penyediaan data pilah gender di tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten, terwujudnya pemahaman PUG di seluruh lapisan masyarakat serta terwujudnya penanganan kasus KDRT di 19 kecamatan se-Kabupaten Grobogan.

          Program Keluarga Berencana. Program ini diarahkan untuk Meningkatkan pencapaian peserta KB baru dan aktif serta mewujudkan kelancaran pembinaan KB, yang ditempuh melalui 4 ( empat ) kegiatan, yaitu :

          • Kegiatan Promosi Pelayanan Kelangsungan Hidup Ibu, Bayi dan Anak ( KHIBA ) KB Kesehatan Bhayangkara, TNI Manunggal, Kesatuan Gerak PKK, dengan sasaran kegiatan KB baru dan KB aktif, dan target kegiatan 80%.

          • Kegiatan DAK Bidang Keluarga Berencana, dengan sasaran kegiatan penyuluh KB / PLKB, dan target kegiatan 12 bulan.

          • Kegiatan Pendampingan DAK Bidang Keluarga Berencana, dengan sasaran kegiatan meningkatnya kinerja PLKB dan terlayaninya akseptor dengan baik, dan target kegiatan 12 bulan.

          • Kegiatan Gema Sutra ( Gerakan Masyarakat Menuju Sehat Sejahtera ), dengan sasaran kegiatan Kepala Desa, Camat dan Ka. SKPD se- Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan 100%.

            Program Kesehatan Reproduksi Remaja. Program ini diarahkan untuk meningkatkan pemahaman remaja, konselor, pendidik sebaya dalam kesehatan reproduksi, yang ditempuh melalui 1 (satu) kegiatan, yaitu Kegiatan Advokasi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), dengan sasaran kegiatan 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Penawangan, Tawangharjo dan Godong, dengan target kegiatan 80%.

              Program Pelayanan Kontrasepsi. Program ini diarahkan untuk meningkatkan peserta KB baru dan terkirimnya obat, alkon dan non alkon ke KKB, yang ditempuh melalui 2 ( dua ) kegiatan, yaitu :

              • Kegiatan Pelayanan KB Medis Operasi, dengan sasaran kegiatan peserta KB MO, dan target kegiatan 80%.

              • Kegiatan Penyediaan Jasa Pengiriman Obat – Obatan, Alkon dan Non Alkon, dengan sasaran kegiatan KKB di 19 kecamatan, dan target kegiatan 12 bulan.

                Program Peningkatan Penanggulangan Narkoba PMS, Termasuk HIV / AIDS. Program ini diarahkan untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang bahaya narkoba, yang ditempuh melalui 1 (satu) kegiatan, yaitu Kegiatan Penyuluhan Penanggulangan Narkoba, Penyakit Menular Seksual (PMS), dengan sasaran kegiatan 2 kecamatan, dan target kegiatan 80%.

                  Program Penyiapan Tenaga Pendamping Kelompok Bina Keluarga. Program ini diarahkan untuk menyelenggarakan pelatihan keterampilan tenaga pendamping, bina ekonomi keluarga dan orientasi BTM untuk produk kelompok UPPKS serta tersedianya data penduduk miskin penerima Jamkesda, yang ditempuh melalui 3 ( tiga ) kegiatan, yaitu :

                  • Kegiatan Pelatihan Keterampilan Tenaga Pendamping dan Bina Ekonomi Keluarga, dengan sasaran kegiatan tenaga pendamping / PLKB / PKB dan kader kelompok UPPKS, dan target kegiatan 90%.

                  • Pemutakiran Data Penduduk Miskin Untuk Program Jaminan Kesehatan Daerah ( Jamkesda ) Tahun 2009, dengan sasaran kegiatan penduduk miskin yang belum mendapat Jamkesmas tahun 2009, dan target kegiatan 100%.

                  • Kegiatan Orientasi BTM ( Bahan Tambahan Makanan ) Untuk Produk Kelompok UPPKS, dengan sasaran kegiatan kader kelompok UPPKS se- Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan 100%.

                    Program Pengembangan Model Operasional BKB – Posyandu - Padu. Program ini diarahkan untuk menyelenggarakan pelatihan kader Bina Keluarga Balita ( BKB ) dan pembinaan Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), yang ditempuh melalui 2 ( dua ) kegiatan, yaitu :

                    • Kegiatan Pelatihan Kader BKB ( Bina Keluarga Balita ), dengan sasaran kegiatan kader kelompok Bina Keluarga Balita ( BKB )yang belum dilatih, dan target kegiatan 100%.

                    • Kegiatan Pemberdayaan IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan), dengan sasaran kegiatan kader PPKBD perwakilan kecamatan se Kabupaten Grobogan, dan target kegiatan 100%.

                      Last Updated on Friday, 14 September 2012 14:39 Written by skpd

                      Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

                      Statistik Kunjungan

                      mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
                      mod_vvisit_counterToday381
                      mod_vvisit_counterYesterday644
                      mod_vvisit_counterThis week2753
                      mod_vvisit_counterThis month7336
                      mod_vvisit_counterAll days261522

                      We have: 15 guests, 1 bots online
                      Your IP: 54.204.103.179
                       , 
                      Today: Apr 18, 2014